Mengenal Lebih Jauh Vaksin Dewasa Pneumokokus

Mengenal Lebih Jauh Vaksin Dewasa Pneumokokus

Apakah kalian tahu banyak tentang vaksin? vaksin itu sendiri sangat banyak macamnya di dunia ini, salah satunya adalah vaksin pneumokokus yang anda dapat temukan di poliklinik terdekat seperti di vaksin yogyakarta anda sudah dapat menemukannya disana, jika anda berada di sekitar kota Yogyakarta tepatnya di alamat: No.10, Jl. Hadidarsono, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Jogja. Vaksin dewasa yang ada di alamat saya sebutkan tadi khusus untuk wanita dewasa saja.

Tentang Vaksin PCV

Sebelumnya kita harus mengenal  dulu apa itu vaksin, mungkin saja masih banyak yang belum tahu lebih lanjut tentang vaksin. Vaksin adalah bahan antigenik yang dapat digunakan untuk kekebalan tubuh seseorang terhadapat suatu penyakit tertentu. Pemberian vaksin kepada orang-orang tujuannya adalah untuk mencegah pengaruh infeksi kepada tubuh kita terhadap penyakit tertentu. Pemberian vaksin merupakan metode paling bagus dan efektif guna mencegah penyakit yang menular, contohnya saja di tahun ini penyakit yang menular adalah covid19 yang masih bertambah korbannya, tapi kita tidak membas covid19 disini.

Mungkin itu tadi sedikit penjelasan secara umum mengenai vaksin, tapi vaksin itu sendiri memiliki banyak jenisnya salah satunya yaitu Pneumokokus atau bisa disebut PCV. Vaksin pneumokokus atau PCV (pneumococcal conjugate vaccine) bisa mencegah dari infeksi yang disebabkan karena pneumokokus sebab penyakit yang berbahaya seperti penyakit pneumonia dan menigitis. Vaksin ini mengandung bagian dari dinding sel bakteri pneumokokus, bakteri ini bisa dapat menimbulkan penyakit infeksi yang begitu berat seperti meningitis, pneumonia, dan infeksi darah atau sepsis. Infeksi bakteri pneumokokus ini akan lebih sering menyerang kepada anak yang berusia di bawah 5 tahun dan para lansia. Jika kalian mau vaksin PCV ini bisa saja langsung mendatangi polikliniknya di daerah terdekat kalian salah satunya di vaksin yogyakarta. Lebih baik kita mencegah penyakitnya terlebih dahulu sebelum penyakitnya menyerang ke tubuh kita, bagaimana cara mencegahnya? Ya itu tadi dengan melakukan vaksin supaya dapat mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan, baik itu untuk diri kita sendiri bahkan untuk keluarga kita juga.

Penerima Vaksin PCV

Tidak hanya kepada anak-anak dan lansia saja vaksin PCV di berikan, akan tetapi bagi orang- yang memiliki penyakit medis tertentu juga perlu mendapatkan vaksin ini

  1. kebiasaan merokok
  2. Penyakit kronis (asma, diabetes dan gagal ginjal)
  3. Kelainan darah (thalasemia dan anemia sel sabit)
  4. Penyakit jantung bawaan lahir
  5. Riwayat operasi
  6. Kekebalan tubuh yang lemah

Efek Samping

Ternyata pemberian vaksin PCV juga ada loh efek sampingnya tetapi itu tidak menimbulkan hal yang serius kok. Apa saja efek yang dapt ditimbulkan?

  1. Demam
  2. Menyebabkan pembengkakkan dan nyeri ditempat bekas penyuntukan vaksin
  3. Penurunan nafsu makan
  4. Reaksi alergi (efek samping ini jarang terjadi)

Buat kalian yang divaksin PCV ini tidak perlu khawatir dengan efek sampingnya karena tergolong ringan saja dan ada juga yang serius tetapi itu sangat jarang sekali terjadinya. Efek samping ini akan menghilang dengan sendirinya kira-kira dalam dua hari.

Semoga dengan sedikit penjelasan mengenai vaksin pneumokokus atau PCV ini dapat membantu kalian yang sedang mau di vaksin, karena sesuatu penyakit itu lebih baik kita cegah saya sebelum menempel atau menghampiri tubuh kita karena akan menyusahkan kita nantinya seperti berobat akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit nanti.

Buat kalian yang tidak dapat mendatangi lokasi vaksin yogyakarta secara langsung yang berada disekitar lokasi, kalian bisa memanfaatkan aplikasi halodoc di smartphone kalian baik itu di iphone atau android, atau bisa juga langsung melalui websitenya halodoc. Disana kalian bisa langsung konsultasi terlebih dahulu mengenai vaksinnya dan bisa juga langsung membuat janji kepada doktor yang telah di sediakan oleh halodoc sendiri. Dengan cara ini lebih mudah kalian lakukan jika sedang sibuk dirumha tidak bisa keluar rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *